Mengapa Harus di Perikanan ?

Kalau kita mengamati di dunia ini, antara Daratan dan Laut mana yang paling luas ?, Pasti anda menejawab lautan.
“Allah menundukkan lautan untukmu supaya kapal-kapal berlayar padanya dengan izin-Nya, dan supaya kamu dapat mencari sebagian karunia-Nya dan mudah mudahan kamu bersyukur. (QS Al Jatsiyah/45:12). Dari ayat tersebut, Allah telah memfasilitasin sekaligus memerintahkan kita untuk “turun kelaut” menuai karunia-Nya dan tidak lupa untuk mensyukurinya.
Tidak hanya itu ayat-ayat Alquran yang menjelaskan tentang kelautan masih banyak ayat-ayat yang lain menjelaskan tentang itu.Di Lautan begitu banyak yang bisa kita dapatkan, baik yang dapat diperbaharui maupun tidak misalnya minyak bumi, Sumberdaya perikanan meliputi : Rumput laut, dan berbagai jenis ikan yang dapat kita konsumsi.

Mengapa harus perikanan ?. Di pandangan banyak orang, mereka beranggapan bahwa Jurusan perikanan kerjanya hanya mengurus Ikan-ikan yang baunya amis. Banyak kaum pemuda yang baru memulai langkahnya di bangku kulia seakan – akan gengsi untuk masuk di jurusan tersebut. Kenapa hal ini terjadi, karena mereka belum tahu bahwa betapa banyak yang kita bisa dapatkan di jurusan tersebut. Mereka hanya tahu bahwa Jurusan tersebut hanya bekerja tentang ikan-ikan saja dan setiap harinya hanya bergelut dengan bau amis. Padahal kalau mereka bisa melihat tentang prospek kedepannya, mereka pasti akan masuk ke Jurusan ini. Jurusan perikana sebetulnya tidak kalah dengan Jurusan-jurusan lainnya seperti Kedokteran, Teknik, Hukum, Sospol, Ekonomi dll. Kalau ada orang beranggapan bahwa di perikanan tidak sesulit di Kedokteran, berarti anggapan itu sangat salah. Sebaiknya, bagi calon mahasiswa baru yang ingin mencari peluang kerja yang baik dan tingkat resiko penganggurannya sangat kecil adalah jurusan perikanan. Kalau kita lihat sekarang ini, para calon mahasiswa baru lebih cenderung ke hal-hal yang berbau SAINS dan KESEHATAN, padahal PERIKANA juga dapat bersaing dengan keduanya.

Saya masuk di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Unhas Jurusan Perikanan Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP), Secara pribadi saya memilih jurusan ini karena saya melihat bahwa begitu besar prospek kerja yang nantinya kita akan dapatkan di Jurusan ini. Dan juga, Laut yang begitu luas di Indonesai ini dapat kita manfaatkan sumberdayanya. Di Zaman sekarang ini sumberdaya yang ada di daratan sudah semakin sedikit, misalnya saja di Indonesia sudah banyak lahan-lahan kosong yang baik dijadikan sebagai media berkebun, malah di sulap menjadi gedung – gedung. Oleh karena itu, saatnya kita beralih kelaut dan memanfaatkan segala sumberdaya/ karunia yang Allah telah berikan. Sangat rugilah kita bila tidak memanfaatkan karunia tersebut. Pemanfaatan Sumberdaya perikanan di Indonesia belum banyak memberi kontibusi buat Negeri kita, padahal laut kita yang begitu luas tentu dapat memberi kontibusi yang besar pula. Dibandingkan Jepang yang lautnya tidak seluas di Indonesia, tetapi pemanfaatan sumberdaya perikanan yang dilakukan di Negara tersebut dapat memberikan kontibusi besar buat negaranya. Ini dikarenakan Sumberdaya Manusia di Jepang yang begitu Ulet dan tidak gengsi akan pekerjaannya.

Sekarang ini, Sumberdaya manusia dibidang perikanan sangat dibutuhkan untuk menunjang perkembangan pemanfaatan Sumberdaya perikanan di Indonesia. Oleh karena itu , jangan malu untuk masuk di Jurusan perikanan, karena sekali lagi saya katakan bahwa jurusan ini sangat banyak memberi peluang pekerjaan buat kita dan juga di jurusan ini sangat asyik dan tidak membosankan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: