APA YANG MENYEBABKAN ANAK-ANAK MUDA LARI KE DRUGS ?

1.BAGAIMANA MENGATASINYA SEBELUM TERLAMBAT

Anak2 muda memakai narkoba karena berbagai alasan. Mereka mungkin saja ditawari narkoba oleh seorg teman, mungkin juga karena penasaran, terutama jika mereka mempunyai teman yang menggunakan obat2 terlarang tersebut atau mungkin juga mereka menjadi pengguna karena merasa tertekan.

Mereka mungkin juga memakai drugs karena ingin lari dari masalah yang mereka hadapi, jadi sangatlah penting untuk mencari tahu apa masalah yang sedang dihadapi oleh anak anda. Kadang2 masalah perkawinan antara orangtua, ketidakpedulian ortu, ketegangan dengan keluarga atau ketidakmampuan sang anak dalam mengikuti pelajaran di sekolah dapat saja menjadi pemicu sang anak menggunakan narkoba.
1.Pemicu lain yang menyebabkan anak2 mengkonsumsi narkoba adalah :

1. Keinginan untuk bersenang2
2. Ingin diterima dalam lingkungan sosial
3. Lari dari kebosanan atau kenyataan hidup yang pahit
4. Kepercayaan yang salah bahwa pemakaian obat2an secara jarang tidak dapat menyebabkan ketergantungan.

2.Rangkulah anak anda sebelum narkoba merangkul anak anda.
1.Bantu mereka untuk merasa senang atau puas akan diri mereka sendiri.

Anak2 sering memakai narkoba untuk mendapatkan rasa “enak” dan rasa senang akan diri mereka. Mereka merasa hidup and percaya diri tetapi sayangnya, hal ini hanya terjadi sementara dan sering mengarah pada ketergantungan yang berkepanjangan atau kematian.

Untuk meningkatkan rasa percaya diri anak anda cobalah beberapa hal berikut ini :
1.Berilah pujian dan dorongan, tunjukkanlah penghargaan anda lewat kata2 seperti “Terimakasih sudah menolong, kamu benar2 sudah mencoba”, dll.

2.Tunjukkanlah kasih sayang – pelukan, rangkulan, dan sentuhan. Jangan menganggap anak anda tahu berapa besar cinta anda padanya. Cintai anak-anak anda tanpa syarat. Ciptakan lingkungan yang menerima jika perlu, koreksi diri anda, bukan anak anda. Jangan memarahinya di depan umum.

3.Habiskan waktu bersama-sama. Membaca, berbicara dan nikmatilah aktivitas yang dilakukan bersama- sama. Hindari menggunakan TV sebagai baby sitter anak anda.

4.Berikanlah anak anda tanggung jawab. Berbagilah tugas rumah dengan anak anda. Hal itu akan membuatnya merasa berharga dan berguna.

Seringkali anak2 menggunakan obat bius karena minimnya komunikasi antara anak dan ortu. Sang anak mungkin merasa diacuhkan dan tidak dicintai oleh ortu.
2.Ajari mereka hal2 yang berkaitan dengan narkoba.

Anak2 sering mencoba narkoba karena penasaran dan ketidakpedulian. Tetapi dengan mengetahui kenyataan yang sebenarnya dan akibat dari penggunaan obat bius, mereka ungkin akan tidak pernah mencoba obat bius.

Apa yang dapat anda lakukan?
1.Gunakan informasi publik untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang penggunaan obat bius. Dengan mengetahui musuh dengan baik, anda akan dapat membantu anak anda untuk memahami tentang narkoba dan melawannya. Hal ini akan menempatkan anda pada posisi untuk berdiskusi dengan anak anda mengenai masalah tersebut. Berkaitan dengan kesimpulan umum tentang penggunaan obat bius, akibat dan hukumannya dapat membantu mendidik anda dan anak anda.
2.Gunakanlah waktu yang tepat untuk berbicara dengan anak anda tentang narkoba. Sebagai contoh, jika sebuah tayangan TV menampilkan tentang obat bius, pilihlah saat tersebut untuk berdiskusi masalah itu dengan anak anda.
3.Gunakanlah kata2 yang dapat dimengerti sang anak, sebagai contoh, “Narkoba dapat membuatmu pusing” atau Narkoba dapat membuatmu sakit dan Narkoba dapat membuatmu tidak menarik, dll.
4.Ajari anak anda untuk berkata tidak terhadap Narkoba sebagai contoh untuk berkat, “Tidak, terima kasih”, ketika ditawari narkoba atau untuk mengemukakan alasan seperti “Saya senang hidup sehat.” Atau merubah pembicaraan ketika ditekan, seperti ” Saya pikir teman saya sedang menunggu saya. Saya sudah telah dan harus pergi sekarang.” Jika hal tersebut gagal, acuhkanlah orang tersebut dan pergi.

Ajari anak anda untuk berkata “tidak” terhadap narkoba
1.Tahu kenyataan. Dukunglah pandangan anda dengan informasi terkini. Anak2 menghargai sumber yang dapat dipercayai. Berbicaralah dengan tenang dan terbuka. Diskusikan fakta2 tentang narkoba secara terbuka dan tanpa emosi. Jangan melebih2kan kenyataan karena mereka akan ketakuta.
2.Dengan anak yang lebih besar, bagilah ide anda, perasaan dan nilai2. Anak yang lebih besar cenderung ingin mengemukakan pikiran mereka dan mengekspresikan apa yang mereka pikirkan dan ketahui. Mereka lebih ingin menantang kepercayaan tradisional dan kekuasaan. Mereka ingin memberikan alasan dan bereaksi. Jelaskanlah pandangan anda tentang narkoba, tapi lakukanlah tanpa menguliahi anak anda. Lanjutkan dengan memberikan contoh yang bertanggung jawab di dalam hidup anda. Jangan bergantung pada obat apapun kecuali dari resep dokter, untk menenangkan anda, mengatasi stress, tidur atau menghilangkan berat badan.
3.Berlakukanlah peraturan yang jelas dan konsekwensinya. Jangan lindungi anak anda dari hukuman karena melanggar peraturan apapun. Disiplin yang kosisten dalam setiap perilaku dapat memberikan pesan bahwa obat bius tidak baik.
4.Sarankanlah alternatif yang lebih sehat daripada menggunakan narkoba. Sarankanlah olah raga, seni, hobi dan bentuk lain dari rekreasi.
2.9 TANDA BAHWA ANAK ANDA MEMBUTUHKAN PERTOLONGAN

Ada beberapa tanda yang dapat memberikan petunjuk bahwa anak anda mungkin memakai narkoba. Anda harus waspada pada perubahan yang tiba2 dalam perilaku anak anda.

Tanda-tanda tersebut antara lain adalah :
1. Perilaku kasar terhadap sekolah, keluarga atau teman.
2. Ledakan amarah yang tidak wajar dan perubahan mood secara tiba2.
3. Tiba2 melawan atau berontak untuk disiplin di rumah maupun di sekolah.
4. Meminjam atau mencuri uang dari rumah, sekolah atau toko2 (untuk menunjang kebiasaan buruk mereka).
5. Memakai kacamata pada saat yang tidak tepat untuk menutupi matanya yang membesar atau memerah.
6. Bersembunyi di kamar mandi atau tempa2 yang aneh seperti gudang atau tangga untuk waktu yang lama.
7. Kemunduran yang tiba2 dalam kehadiran dan prestasi di sekolah.
8. Lebih banyak menyendiri.
9. Perubahan yang ekstrim dalam beberapa hari menandakan penggunaan narkoba.

3.BAGAIMANA MENGETAHUI ADANYA MASALAH DAN APA YANG HARUS DILAKUKAN

Tidak ada petunjuk yang cepat untuk mengetahui anak anda pemakai narkoba. Beberapa gejala diatas mungkin saja normal karena penyesuaian sang anak untuk bertumbuh. Jika anda ragu carilah pertolongan. Minta dokter keluarga anda atau klinik terdekat untuk memeriksa anak anda supaya anda tahu penyakitnya atau masalah fisik lainnya. Mulailah melakukan peran aktif dalam mencegah penggunaan narkoba. Sasaran utamanya adalah supaya anak anda membangun pertahanan untuk dapat menolak menggunakan narkoba.

Perhatikanlah petunjuk penggunaan obat atou perlengkapan obat2an. Beberapa barang yang umum seperti pipa, kertas rol, botol2 obat yang kecil, obat tetes mata atau korek api gas dapat menandakan anak anda menggunakan narkoba. Jika anda mencurigai anak anda memakai narkoba, jangan ragu2 untuk mencari pertolongan. Harus tegas tetapi tetap mendukung dan memahami anak anda yang membutuhkan pertolongan dari anda untuk mengatasi masalahnya.

Berhadapan dengan pemakai narkoba haruslah :
1. Tetap tenang
2. Harus objektif
3. Bersikap mendukung dan sabar serta memahami ketika anda menunjukkan bahaya penggunaan narkoba
4. Biasanya, pemakai narkoba adalah orang2 yang mengalami permasalahan yang berat yang harus diselidiki dan diperlakukan seperti keluarga.
5. Tetapi lebih penting lagi, anda harus mencari bantuan dari kalangan profesional untuk membantu mungkin dari dokter keluarga atau penasihat yng berkualitas.

4.TIPS BERBICARA DENGAN ANAK ANDA

Komunikasi yang efektif antara orangtua dan anak2 tidaklah selalu mudah. Kedua belah pihak mempunyai gaya komunikasi yang berbeda dan tanggapan yang berbeda pula didalam pembicaraan. Waktu dan suasana juga menentukan kesuksesan komunikasi yang dicapai antara ortu and anak. Sayangnya, saat dan mood yang tepat mungkin tidak selalu ada. Ortu seharusnya meluangkan waktu untuk berbicara dengan anak mereka dalam suasana yang tenang dan tidak terburu2. Berikut adalah tips2 yang dapat membantu :
1.Mendengarkan
1. Berilah perhatian
2. Jangan memotong pembicaraan
3. Jangan menyiapkan apa yang anda ingin katakan sementara anak anda sedang berbicara
4. Berikanlah penilaian saat anak anda selesai bicara dan telah meminta pendapat atau respon dari anda

2.Memperhatikan
1. Awasi ekspresi wajah anak anda dan gerak tubuh. Apakah anak anda tegang atau gelisah – gugup, mengetukkan jarinya, memainkan kakinya atau memperhatikan jam? Atau apakah anak anda terlihat tenang- tersenyum, melihat mata anda? Dengan membaca tanda2 tersebut akan membantu ortu untuk mengetahui perasaan sang anak.
2. Selama percakapan, perhatikanlah setiap perkataan anak anda – majukan badan anda ke depan saat anda duduk, sentuhlah pundaknya jika anda berjalan atau anggukkan kepala nada dan lakukan kontak mata.

3.Menanggapi
1. “Saya sangat prihatin tentang….” Atau “Saya mengerti bahwa kadang2 sulit….” Adalah cara yang lebih baik untuk menanggapi daripada memulai perkataan anda dengan ” Kamu harus….” , atau “Jika saya jadi kamu…..”, atau ketika saya seumurmu, kami tidak….” Berbicara untuk diri sendiri terdengar bijaksana dan tidak dianggap seperti menguliahi atau tanggapan yang otomatis.
2. Jika anak anda memberitahukan sesuatu yang tidak ingin anda dengar, jangan abaikan perkataannya.
3. Jangan berikan nasihat sebagai tanggapan dalam setiap perkataan anak anda. Lebih baik mendengarkan secara seksama untuk mengetahui apa yang dibicarakan dan coba untuk mengerti perasaan yang sesungguhnya dibalik perkataannya.
4. Pastikan anda mengerti apa yang dimaksud anak anda. Ulangi hal2 yang perlu untuk dikonfirmasikan anak anda.

5.AJARKAN ANAK ANDA UNTUK BERKATA TIDAK PADA NARKOBA

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat anda latih dengan anak anda untuk memudahkah anak anda untuk berkata tidak pada narkoba. Ajarkanlah kepada anak anda untuk mengatakan :
1.Bertanyalah
Jika ada barang tak dikenal ditawarkan, tanyakan,”Apa ini?” dan “Darimana kamu dapatkan” Jika ada pesta atau perkumpulan yang ingin dihadirinya tanyakan, “Siapa saja yang datang?”, “Dimana pestanya?” atau “Ada ortu yang hadir disana?”
2.Katakan TIDAK
1. Jangan membantah, jangan diskusi. Katakan TIDAK dan tunjukkan bahwa kamu bersungguh2.
2. Berikan alasan. “Ada hal lain yang harus saya lakukan malam itu.”, “Pelatih bilang bahwa narkoba merusak permainan saya.” Atau “Saya tahu akibat narkoba bagi tubuh saya, tidak terima kasih.” Adalah beberapa contoh alasan yang dapat dikemukakan oleh anak2. Juga, jangan lupa ada alasan yang lebih tua yaitu “Ortu saya pasti membunuh saya”.

3.Sarankanlah hal2 lain untuk dilakukan
Jika seorang teman menawarkan narkoba, katakan tidak lebih keras. Anjurkan untuk melakukan hal lain – pergi nonto bioskop, main permainan, atau bekerjasama mengerjakan proyek – tunjukkanlah bahwa narkoba dilarang dan bukan merupakan teman.
4.Pergi
Pergi. Jika semua langkah ini sudah diterapkan, pergilah dari situasi tersebut secepatnya. Pulang ke rumah, pergi ke kelas, atau bergabunglah dengan grup lain atau bicaralah dengan orang lain.
6.MELIHAT, MENDENGAR, DAN MEMAHAMI

Menjadi orang tua adalah sebuah tugas yang sangat sulit untuk di jalani, karena tidak seorang pun yang sudah di latih atau di siapkan untuk menjadi orang tua. Kita sering sekali memakai metode untuk mendidik anak-anak kita dengan pengalaman yang kita dapat waktu kita masih kecil. Tetapi bila kita harus berhadapan dengan masalah yang namanya obat bius, maka kita tidak bisa menangani masalah itu. Kadang-kadang orang tua tidak mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai obat bius, sehingga mereka tidak tahu bagaimana mengajar atau membimbing anak-anak mereka. Bila kita mengetahui dengan betul masalah yang kita hadapi, maka kita akan mudah menjelaskannya kepada anak-anak kita.

Karena berkomunikasi adalah cara terbaik untuk mencegah anaka-anak kita dalam mengambil langkah yang salah. Dengan berkomunikasi kita termasuk harus mau mendengar anak-anak kita, memahami rasa takut dan masalah mereka, mengetahui siapa teman-teman mereka, dan juga kita harus selalu mendukung anak-anak kita ketika mereka membutuhkan kita, dan juga tidak lupa, sebagai orang tua kita harus menjelaskan mana yang benar dan yang salah dari segala tindakan yang mereka perbuat.

Hal-hal yang Orang Tua Perlu Ketahui :
1. Mengetahui jenis-jenis obat bius dan bahayanya
2. Julukan lain dari obat terlarang itu
3. Bagaimana bentuk dari obat-obatan itu
4. Bagaimana mengetahui jenis obat apa yang di konsumsi oleh anak kita
5. Bagaimana orang tua dapat meminta bantuan secepatnya jika kita mengetahui anak kita mengkonsumsi obat-oabatn itu

7.DRUG FREE

Seseorang yang telah menjadi pecandu obat biustidak bisa berfungsi atau hidup dengan normal . seseorang yang sudah ketergantungan obat tingkah lakunya akan berubah dan dia akan mulai berkhayal atau berhalusinasi, tergantung seberapa seringnya dia menggunakan obat itu. Ketergantungan obat artinya kita seperti tidak bisa melakukan sesuatu sebelum menggunakan obat itu. Dan jika anak kita sudah kecanduan obat itu, maka hidupnya tidak lebih seperti hidup di neraka. Hal ini akan terjadi jika dia tidak mengkonsumsi obat itu-obatan itu. Ketergantungan obat secara psikologi akan membangkitkan keinginan si pecandu untuk segera mendapatkan obat-obatan itu. Dan hal ini akan semakin parah jika tubuhnya mulai bereaksi terhadap obat itu dan dia akan membutuhkan lebih banyak supaya bisa mendapatkan efek yang lebih tinggi. Dan resikonya adalah jika si anak sudah mencapai dosis yang lebih tinggi, maka hal itu akan mengakibatkan kematian.

Hal termudah untuk menghilangkan kebiasaan menggunakan obat bius adalah dengan tidak mulai mengkonsumsi obat itu sama sekali. Jika hal itu sudah mulai menjadi keharusan, maka orang itu akan terus mengkonsumsinya selama hidupnya dan nantinya akan sulit untuk di hentikan. Jika seseorang sudah mulai mengenal obat bius, maka akibatnya orang itu akan terus bergantung pada obat-oabatan itu. Dalam hal ini kita bisa mengekspresikannya seperti mencegah lebih baik daripada mengobati.
8.DRUG ABUSE

Obat-obatan yang bisa menyembuhkan adalah obat-obatan yang di anjurkan oleh seorang dokter atau seorang farmatologi, dan obat-obatan itu di bertikan untuk mencegah sebuah penyakit. Misalnya seperti: parasetamol, obat batuk, dan juga aspirin. Tetapi jika seseorang mengkonsumsi obat-obatan yang bukan anjuran dari dokter, maka dia adalah seorang pecandu obat bius. Dan akibatnya bisa sangat fatal.
9.JENIS OBAT-OBATAN YANG ADA DI JALANAN

Masyarakat Singapur kebanyakan menggunaka heroin, ganja, ekstasi, shabu-shabu, dan juga amphetamine. Dan mereka juga suka mengkonsumsi obat bius yang caranya di hirup seperti menghiup bau lem.
1.Heroin
Penjelasan :
1. Heroin adalah obat bius yang sangat mudah membuat seseorang kecanduan karna efeknya sangat kuat. Obat ini bisa di temukan dalam bentuk pil, bubuk, dan juga dalam cairan. Seseorang yang sudah ketergantungan heroin bisa di sebut juga “chasing the dragon.”
2. Heroin memberikan efek yang sangat cepat terhadap si pengguna, dan itu bisa secara fisik maupun mental. Dan jika orang itu berhenti mengkonsumsi obat bius itu, dia akan mengalami rasa sakit yang berkesinambungan.
3. Efek-efeknya :
1. kejang-kejang
2. rasa mual
3. hidung dan mata yang selalu berair
4. kehilangan nafsu makan dan juga cairan tubuh.

Hukuman bagi orang yang mengkonsumsi heroin:
1. Jika ketahuan mengeksport atau mengimport heroin sebanyak 15 gram/ lebih, maka ia akan mendapat hukuman mati.
2. Jika seseorang ketahuan menjual atau memiliki heroin, akan mendapatkan hukuman 10 tahun di penjara, atau di tuntut membayar ganti rugi sebesar 20.000 dollar, atau orang bisa mendapatkan kedua hukuman itu.
3. Jika orang itu terus melakukan pelanggaran, maka ia akan di hukum maksimum 13 tahun di penjara dan di pukul dengan menggunakan rotan sebanyak 12 kali.

2. Ganja
Penjelasan :
1. Ganja adalah obat bius yang bisa membuat si pemakai berhalusinasi sehingga ia akan menjadi kecanduan.
2. Ganja akan mempengaruhi tingkah laku, penglihatan, dan pendengaran si pemakai.
3. Efek-efeknya :
1. kehilangan konsentrasi
2. detak jantung lebih cepat
3. kehilangan keseimbangan
4. mudah panik
5. gelisah
6. depresi
7. bingung
8. berhalusinasi.
4. Ganja dikenal juga dengan sebutan marijuana, atau rumput.

Hukuman bagi orang yang mengkonsumsi ganja :
1. Jika ketahuan mengeksport/ mengimport ganja sebanyak 500 gram, maka ia akan mendapat hukuman mati.
2. Jika ketahuan memproduksi ganja sebanyak 200 gram, maka ia akan mendapat hukuman mati.
3. Jika ketahuan mencoba mencampuri ganja dengan bahan narkoba lainnya sebanyak 1 kilogram, maka ia akan mendapat hukuman mati.
4. Jika ketahuan memiliki atau bahkan mengkonsumsi ganja, maka ia akan mendapat hukuman 10 tahun di penjara, di tambah harus membayar denda sebesar 20.000 dollar.

3.Ekstasi
Penjelasan :
1. Ekstasi adalah salah satu obat bius yang di buat secara ilegal di sebuah laboratorium dalam bentuk tablet atau kapsul.
2. Ekstasi dapat membuat tubuh si pemakai memiliki energi yang lebih dan juga bisa mengalami dehidrasi yang tinggi. Sehingga akibatnya dapat membuat tubuh kita untuk terus bergerak. Beberapa orang yang mengkonsumsi ekstasi di temukan meninggal karena terlalu banyak minum air dikarenakan rasa haus yang amat sangat.
3. Efek-efeknya :
1. hiperaktif
2. rasa haus yang sangat
3. sering pusing
4. gemetar
5. detak jantung yang cepat
6. rasa mual
7. kehilangan nafsu makan.

Hukuman bagi orang yang mengkonsumsi ekstasi :
1. Jika ketahuan secara ilegal memperjual-belikan ekstasi, maka ia akan mendapat hukuman 20 tahun di penjara dan mendapat hukuman di pukul sebanyak 15 kali.
2. Jika ketahuan mengeksport/ mengimport ekstasi, maka ia akan mendapat hukuman 30 tahun di penjara atau di pukul sebanyak 15 kali.
3. Jika ketahuan memiliki atau mengkonsumsi ekstasi, maka ia akan mendapat hukuman 10 tahun di penjara, di tambah harus membayar 20.000 dollar.

4.Amphetamine
Penjelasan :
1. Amphetamine adalah obat bius yang dapat ditemukan dalam bentuk pil, kapsul, ataupun bubuk.
2. Amphetamine adalah obat bius yang dapat menstimulasikan mood si pemakai menjadi tinggi.
3. Methamphetamine atau yang dikenal dengan sebutan shabu-shabu, jenis lain dari amphetamine, juga mempunyai pengaruh yang kuat terhadap syaraf.
4. Bagi si pemakai obat amphetamine, mereka secara mental sangat tergantung pada obat itu.
5. Jika si pemakai menggunakan obat itu maka ia akan bertingkah laku dengan kasar.
6. Efek-efeknya :
1. kehilangan berat badan
2. kelihatan seperti kurang tidur
3. tekanan darah tinggi
4. detak jantung yang berdegup cepat
5. mengalami rasa takut
6. pingsan karena terlalu lelah.
7. Jenis lain dari Amphetamine : Speed, Whizz, Billywhizz, Pep Pills, Ice/ shabu-shabu.

Hukuman bagi orang yang mengkonsumsi Amphetamine :
1. Jika ketahuan memperdagangkan Amphetamine, maka ia akan mendapatkan hukuman 20 tahun di penjara dan juga di pukul sebanyak 15 kali.
2. Jika ketahuan mengeksport/ import Amphetamine, maka ia akan mendapatkan hukuman 30 tahun di penjara dan di pukul sebanyak 15 kali.
3. Jika ketahuan memiliki atau mengkonsumsi Amphetamine, maka ia akan mendapat hukuman 10 tahun di penjara, di tambah harus membayar denda sebesar 20.000 dollar.

5.Shabu-shabu
Penjelasan :
1. Shabu-shabu adalah julukan lain dari Methamphetamine.
2. Obat ini dapat di temukan dalam bentuk kristal dan obat ini tidak mempunyai warna maupaun bau, maka ia di sebut dengan kata lain yaitu Ice.
3. Obat ini juga mempunyai pengaruh yang kuat terhadap syaraf.
4. Si pemakai shabu-shabu akan selalu bergantung pada obat bius itu dan akan terus berlangsung lama, bahkan bisa mengalami sakit jantung atau bahkan kematian.
5. Efek-efeknya :
1. kehilangan berat badan
2. mengalami impotensi
3. sering berhalusinasi
4. mengalami pergerakan tubuh yang tiba-tiba di karenakan otot-otot yang berkontraksi
5. mengalami kerusakan pada oragn tubuhnya seperti pada liver dan lambungnya
6. mengalami gangguan pada hati, dan juga jantung
7. dapat mengakibatkan kematian.
6. Shabu-shabu juga di kenal dengan julukan lain seperti : Glass, Quartz, Hirropon, Ice Cream.

Hukuman bagi orang yang mengkonsumsi Shabu-shabu :
1. Jika ketahuan memperdagangkan, mengeksport/ import shabu-shabu yang jumlahnya lebih dari 250 gram, maka ia akan mendapatkan hukuman mati.
2. Jika ketahuan memiliki atau mengkonsumsi shabu-shabu, maka ia akan mendapatkan hukuman 10 tahun di penjara, di tambah harus membayar denda sebesar 20.000 dollar.

6.Inhalant Abuse
Penjelasan :
1. Obat bius semacam ini di gunakan dengan cara di hirup dan biasanya yang di hirup adalah semacam lem atau thinner.
2. Akibat mengkonsumsi menghirup lem atau thinner bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otot-otot tubuh, syaraf dan organ-organ tubuh laiinya. Dan akibat lainnya juga mempengaruhi tulang. Dan hasilnya bisa menyebabkan kematian yang tiba-tiba tanpa adanya peringatan. Kematian yang tiba-tiba itu di akibatkan karena detak jantung yang berdegup cepat sehingga terjadinya serangan jantung.
3. Efek-efeknya :
1. ingatannya mulai berkurang
2. kurang bisa berfikir
3. mudah mengalami pendarahan dan luka
4. mengalami kerusakan sistem syaraf utama, liver dan juga pada lambung
5. sakit pada perut
6. sakit bila sedang buang air kecil
7. otot-otot bisa dengan cepat kram
8. sering batuk.
4. Penggunaan obat bius ini di kenal juga dengan mengirup lem.

Hukuman bagi orang yang terlibat dengan obat bius yang di hirup :
1. Jika ketahuan menjual atau menawarkan zat beracun yang untuk di pergunakan sebagai obat bius, maka ia akan mendapatkan hukuman 2 tahun di penjara atau harus, di tambah harus membayar denda sebesar 5.000 dollar.
2. Jika si pemakai menolak untuk menjalankan tes darah, maka ia akan mendapatkan hukuman 3 bulan di penjara, di tambah harus membayar denda sebesar 2.000 dollar.

7.Ketamine
Penjelasan :
1. K adalah sebutan untuk di jalanan dari Ketamine dan Norketamine
2. Obat ini dapat di temukan dalam bentuk bubuk putih seperti kristal, dalam bentuk cairan atau pun tablet dan obat bius ini juga dapat di campurkan ke dalam minuman, atau bisa di hisap seperti rokok bahkan obat ini juga bisa di hirup.
3. Efek-efeknya :
1. mengalami halusinasi
2. semua indera kita akan menjadi lumpuh.
4. · Obat ini juga di kenal dengan Special K.

Hukuman bagi orang yang terlibat dengan Ketamine:
1. Jika ketahuan memperdagangkan Ketamine, maka orang tersebut akan mendapat hukuman 20 tahun di penjara.
2. Jika ketahuan mengimport/ eksport bahan-bahan untuk pembuatan Ketamine, maka orang tersebut akan mendapatkan hukuman 30 tahun di penjara atau bisa saja di hukum seumur hidup
3. Jika ketahuan memiliki atau mengkonsumsi Ketamine, maka orang itu akan mendapatkan hukuman 10 tahun di penjara di tambah dengan harus membayar denda sebesar 20.000 dollar.

Sumber: Narkoba-metro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: