Selamatkan LAUT KITA

Aapakah anda tahu bagaimana kabar laut kita saat ini? Kondisi terkini laut kita sudah semakin tercemar. Penduduk bumi yang semakin sesak, seiring dengan berkurangnya lahan pertanian. Luas lautan memang tak pernah berkurang, bahkan semakin tercemar oleh ulah manusia. Abrasinya pantai, matinya seratus ribu mamalia laut, serta rusaknya terumbu karang, minyak yang tumpah elaut, ikan yang ditangkap dengan cara yang tidak bertanggung jawab, bahkan latihan perang dan percobaan senjata pun dilakukan di laut dan ikut andil dalam pencamaran laut. Sayang yah,padahal laut menutupi sebanyak 70% permukaan bumi yang kita tempati. Bila dilihat dari luar angkasa saja nampak biru- sehingga dijuluki Planet Biru-dan rupanya disebut oleh para ilmuan sebagai sumber pangan utama di masa depan

Lalu bagaimana sikap kita? Kata orang, mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Tetapi bila pencemaran itu sudah terlanjur terjadi maka kita harus mengobatinya. Banyak cara yang bisa kita lakukan antara lain,:
1. Jangan buang sampah di sungai, baik itu sampah organik(daun,sampah dapur,dll) maupun non organik(plastik,botol,kaleng,dll). Kenapa, karena laut adalah muara akhir dari sungai. Sehingga sampah akan beerkumpul di laut nantinya.
2. Jagan pernah memberi makanan apapun pada ikan-ikan di laut. Mereka punya makanan sendiri dan belum tentu cocok dengan makanan pemberikan kita. Jagan salah, mereka akan mati jika memakan makanan yang tak cocok.

3. Jaga kebersihan pantai dari sembarang sampah Asal tahu saja, banyak hewan laut yang mati kaerna mengangap sampah-sampah di laut adalah makanannya.

4. Hati-hati saat menyelam dilaut, Jangan sampai menyentuh dan atau menginjak terumbu karang. Terumbu karang memerlukan waktu selama lima tahun lebih untuk kembali tumbuh.

5. Biarkan hewan laut itu berada di habitatnya.Jangan pernah berkeinginan untuk membawa pulang mereka (Seperti terumbu karang, Ikan hias, dll)

6. Lima belas menit sebelum bermain atau berenang di pantai, pakailah lotion pelindung matahari. Lotion pelindung matahair telah meresap di kulit setelah 15 menit. Bila kita ke laut dalam keadaan lotion yang kita pakai belum diserap oleh kulit, maka kita turut andil dalam mencemarkan laut.

7. Ingatkan kapten kapalmu agar menambatkan kapal dengan tali tambat. Ini khusus buat mereka yang sedang berlayar lho! jangan buang jangkar kedalam laut nanti ekosistem karangnya rusak.

8. Kataka pada yang akan berlibur ke pantai agar memilih hotel, penyewaan kapal, akuarium, dan penyelaman yang ikut andil dalam melindungi ekosistem karang laut. Maksudnya ya sebagai rasa solidaritas juga. Jadi kita dan dia sama-sama mendukung perlindungan ekosistem karang laut.

9. Hindari dari memegang hewan laut yang kiranya berbahaya bagimu. Belum tentu kita mengenal pasti pasti seluruh seluk-beluk laut dan seisinya. Jadi langkah ini sekedar untuk berjaga-jaga sekaligus menjaga diri juga. Kalau sekedar memotret mereka tak masalah.

10. Saat bermain atau menyelam di laut, lalu nampak hewan laut yang dilindungi (seperti lumba-lumba, dugong, penyu), sebaiknya jangan sentuh mereka. Biarkan mereka hidu di habitatnya.

Oke.. itulah sedikit informasi yang sangat sederhana bagaimana kita bisa menyelamatkan laut kita yang dalam kondisi sekarang ini sedang tercemar oleh ulah manusia .

Suber: Majallah Sabili 12 Maret 2009/St.Maryam Purwoningrum(refisi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: