Spekulasi yang aneh?

Assalamualaikum, Wr.wb .

Ada lagi sesuatu yang perlu kita perhatikan dalam diri kita dan di sekitar kita baik teman-teman kita saudara kita, ataupun orang yang belum kita kenal. Baik pemuda pemudi, pria dan wanita, pelajar , mahasiswa dan mahasiswi, santriwan dan santriwati dll. Mungkin ini ada dalam diri kita tapi tidak pernah kita perhatikan. Aneh sih melihat sifat seperti ini tapi…….hal seperti ini sangat banyak terjadi. Oke kita mulai saja……….

Pernahkah teman-teman sekalian melihat seseorang yang gagah ataupun cantik umurnya sebayalah dengan anda menggunakan mobil mewah ke kampus ataukah ke sekolah? atau Seseorang yang penampilannya sangat menawan menurut anda berjalan melwati koridor kampus atau sekolah ? dan bandingkan dengan seseorang yang menurut anda penampilanya kurang bagus tapi membawa mobil mewah ke kampus atau sekolah dan juga penampilannya tidak menawan melewati koridor sekolah ?
Yang ingin saya tanyakan, Apa pendapat anda ?

Yah…….pasti pendapat masing-masing erbeda-beda. Nah, fakta yang biasa kita temukan seperti ini.
Kita mulai pada Laki-laki:
Seorang wanita yang cantik yang penampilan anggun dengan balutan pakaian mewah tanggapan Si Laki-laki, Wah….Cantik bener ni Cewek, bagus loh di jadikan pacar.
Seorang wanita yang cantik sedang membawa mobil tanggapan Laki-laki, Wah….pasti perempuan ini orang kaya, orang tuanya pasti pejabat besar.
Seorang wanita yang cantik sedang membantu temanya yang lagi kususahan tanggapan laki-laki, Baik benar ni perempuan, bagus tuh di jadikan istri
Seorang wanita yang cantik sedang belajar sungguh-sungguh tanggapan laki-laki, Pasti cerdas anak ini kalau kita dekat pasti bisa memberikan ilmu yang baik.
Kita bandingkan yah………..
Seorang wanita yang tidak cantik menurutnya yang penampilan anggun, tanggapan laki-laki, Palingan pekaiannya pinjam di teman/ Dia gak cocok menggunakan pakaian itu.
Seorang wanita yang tidak cantik sedang membawa mobil tanggapan laki-laki, Mungkin dia pinjam mobil untuk antar temannya atau Orang tuanya atau cuma mau pamer sama kita.
Seorang wanita yang tidak cantik sedang membantu temanya yang lagi kususahan tanggapan laki-laki, wajarlah kalau orang lagi keusahan mesti di bantu saya juga gitu.
Seorang wanita yang tidak cantik sedang belajar sungguh-sungguh tanggapan laki-laki, ngapain ngurus dia lebih baik kita belajar serius juga.

Sakarang kita Ke wanita :
Seorang Pria yang ganteng yang berpenampilan sangat menawan menurutnya, tanggapan Wanita, Wah…ganteng banget ni cowok.
Seorang Pria yang ganteng yang membawa mobil mewah, tanggapan Wanita, Enak ni jalan sama dia ada mobilnya, baik lagi.
Seorang Pria yang ganteng yang sedang membantu temannya yang susah, tanggapan Wanita, wah……tulus benar ni cowok, pantesan banyak yang senang.
Seorang Pria yang ganteng yang mendapat beasiswa keluar negeri ,tanggapan Wanita, wah…hebat yah dapat beasiswa, pasti orangnya cerdas.
Kita bandingkan……………
Seorang Pria yang tidak ganteng yang berpenampilan sangat menawan menurutnya, tanggapan Wanita, Biasa-biasa saja gak ada yang spesial.
Seorang Pria yang tidak ganteng yang membawa mobil mewah, tanggapan Wanita , Palingan dia sopir/ Dia cuma mau dibilang kayak orang kaya tuh…..
Seorang Pria yang tidak ganteng yang sedang membantu temannya yang susah, tanggapan Wanita, Wajarlah……orang yang lagi kesusahan toh, wajar di bantu.
Seorang Pria yang tidak ganteng yang mendapat beasiswa keluar negeri ,tanggapan Wanita, palingan orang kasian liat kondisinya yang kurang, jadi di kasi dah…

Huffff……..kita bisa lihat kan, walaupun tidak semua orang yang berpendapat seperti itu tapi, banyak yang seperti ini. Jujur saja, di sekitar saya saja banyak sekali berpendapat seperti ini. Dan juga saya yakin banyak para pemuda dan remaja seperti ini. Saya sering mengambil contoh Filem atau Sinetron remaja, yang bisa memberi contoh itu kepada remaja di Indoneisa khusunya. Semoga yang baca tulisan ini, tidak ada seperti itu. Amin. Kenapa kita selalu saja berspekulasi langsung tanpa melihat asal usulnya? Menilai seseorang selau berdasar penampilannya. Aneh juga yah………..Tapi ini hal yang fakta di sekitar kita.

Masih banyak lagi contoh tanggapan orang yang mirip-mirip kasus di atas tapi tidak usah saya tuliskan, karena pasti capek membacanya, intinya seperti di ataslah.
Semoga masing-masing kita dapat beritropeksi diri, dan setiap saat menilai diri kita sendiri telebih dahulu.
Mohon maaf bila ada yang tersinggung, tidak ada kesempurnaan dalam diri saya.
Wallahu a’lam bishawwab.

Wassalam.

Makassar, 21 Juli 2009, 09:30

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: